Hukum Leverage dari Sudut Pandangan Islam

Leverage dari Sudut Feqah Islam

Leverage adalah melibatkan peminjaman sejumlah wang yang diperlukan untuk tujuan pelaburan. Dalam kes forex, kebiasaannya wang tersebut dipinjamkan oleh platform. Al-Majma’ al-Fiqh al-Islami Rabitah al-Alam al-Islami mendifinisikan leverage sebagai: (المتاجرة بالهامش)، والتي تعني: (دفع المشتري [ العميل] جزءاً يسيراً من قيمة ما يرغب شراءه يسمى [ هامشاً] ويقوم الوسيط [ مصرفاً أو غيره ]، بدفع الباقي على سبيل القرض، على أن تبقى العقود المشتراة لدي الوسيط، رهنا بمبلغ القرض ) “Pembeli (pelanggan) membayar sebahagian kecil harga sesuatu yang ingin dibelinya iaitu dinamakan (margin) dan perantara (bank atau sebagainya) bertindak membayar baki atas asas pinjaman, dimana kontrak belian tersebut akan dikekalkan dengan perantara sebagai gadaian terhadap jumlah pinjaman” 

Kemudahan leverage ini adalah bertujuan memberi peluang kepada pedagang forex mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Kebiasaanya nisbah leverage yang diberikan adalah seperti 50:1,100:1, 200:1 dan seterusnya. Ianya bergantung kepada kemampuan platform dan jumlah modal (pelaburan) yang dibuat oleh pedagang. 

Sebagai contoh 100,000 unit matawang adalah jumlah yang akan diperdagangkan dan leverage yang disediakan untuk para pedagang ialah 100:1. Ini bererti beliau hanya perlu menyediakan 1,000 unit matawang dengan kemudahan leverage 100:1.  

BAGAIMANA LEVERAGE BERFUNGSI DALAM FOREX SPOT?

 Kebiasaanya para pedagang individu mempunyai modal yang terhad tetapi perdagangan forex memerlukan modal yang besar demi mendapatkan keuntungan yang lebih berbanding modal sebenar yang dimiliki. Oleh yang demikian, para pedagang boleh menggunakan kemudahan leverage yang disediakan oleh platform untuk berurusniaga dalam jumlah yang lebih besar berbanding dengan jumlah wang yang dimilikinya.

Sebagai contoh, pedagang hanya mempunyai modal sebanyak USD1000 tetapi dibenarkan berurusniaga forex sehingga USD50,000 dengan kemudahan leverage 1:50 atau USD100,000 dengan kemudahan leverage 1:100. Kemudahan leverage ini adalah hutang sebagaimana yang dijelaskan sebelum ini. Namun begitu, hutang ini diikatkan dengan beberapa syarat tertentu antaranya: 
  •  Pedagang disyaratkan berurusniaga melalui platform iaitu pemberi pinjam (leverage). 
  •  Platform bertindak sebagai wakil kepada pedagang dan mendapat komisyen dari dagangan tersebut. 
  •  Platform juga bertindak sebagai pembeli matawang yang dijual oleh pedagang. Ini membolehkan platform mendapat keuntungan diantara perbezaan harga belian dan jualan.

Takhrij Fiqhi tentang Leverage

Keadaan ini boleh diringkaskan seperti berikut:
  • Pinjaman yang diberikan oleh platform kepada pedagang merupakan pinjaman tanpa faedah.
  • Platform mensyaratkan pedagang menggunakan perkhidmatanya apabila membuat urusan jualbeli mata wang. Ini bererti platform bertindak sebagai broker yang dibayar upah kepada pedagang. 
  • Pedagang adalah peminjam. Ini seolah-olah platform (pemberi pinjam) akan meminjamkan diwaktu yang sama pedagang (peminjam) mesti menggunakan khidmat paltform sebagai broker.
  • Barang atau subject matter adalah pinjaman yang diberikan oleh pemberi pinjam dan pinjaman yang akan dibayar balik oleh peminjam.
  •  Pinjaman adalah pemindahan milik dari pemberi pinjam kepada peminjam tetapi dalam senario ini, peminjam tidak boleh bertasarruf mengikut kemahuannya tetapi mestilah untuk tujuan tertentu sahaja iaitu untuk urusniaga matawang sahaja.
  • al-A’qidan dalam urusniaga ini adalah pedagang dan platform. Pedagang hanya berurusan dengan platform samada menjual atau membeli sesuatu matawang. 

Hukum Leverage

Terdapat dua pandangan tentang leverage ini dalam pandangan ulama' kontemporari Islam. Namun, apa yang cuba untuk saya ketengahkan di sini ialah tentang keharusan menggunakan leverage beserta hujahnya.

Mengharuskan leverage dengan syarat-syarat berikut: 
  •  Jualbeli dilakukan pada hari yang sama 
  •  Upah atau komisyen kepada platform tidak boleh melebihi ujrah almithl.(kadar upah menurut harga pasaran)
Hujjah mereka adalah seperti berikut: 
  • Menghimpunkan al-bay’u dan al-salaf tidak menyebabkan aqad tersebut fasid kecuali terdapat keadaan-keadaan yang memberi kepentingan tertentu kepada salah satu pihak yang berkontrak.
  • Keadaan jualbeli dipasaran ini (forex market) tidak mewujudkan kepentingan tertentu kepada salah satu pihak yang berkontrak. 
  • Qabd terlaksana dalam kontrak ini ialah qabd al-hukmi dengan adanya perlbagai urusan dan mekanisme tambahan yang ditetapkan oleh pihak berkuasa. 
  • Kemudahan leverage bukanlah pinjaman tetapi iltizam bil qard(komitmen oleh pinjaman) oleh pihak platform kepada para pedagang. Ianya dianggap pinjaman jika pedagang menggunakanya. Pinjaman ini tidak melibatkan faedah. 
  • Urusniaga melalui paltform terbahagi kepada dua jenis, pertama tidak melibatkan “cross over night” dan kedua melibatkan “cross over night” . Kaedah pertama adalah diharuskan manakala kaedah kedua adalah tidak harus kerana melibatkan “cross over night charge” yang merupakan faedah keatas pinjaman. 

Leverage dari Sudut Forex Market

Leverage membolehkan forex trader meningkatkan keupayaan trading dan menggunakan volume trading yang besar untuk trading.

Lihat gambar di bawah. Menggunakan modal yang sama iaitu sebanyak $10,000 tetapi akan menghasilkan margin yang berbeza kerana nilai leverage yang berbeza dengan volume position yang sama iaitu sebanyak $1 sahaja.







Apakah Kesan Leverage Terhadap Trading?

  • Semakin tinggi leverage, semakin rendah MARGIN yang diperlukan
  • Semakin rendah margin yang diperlukan, semakin banyak position yang boleh dibuka.(over trade)
Namun, leverage ini tidak memberi untung ke atas mana-mana pihak. Ia hanyalah bantuan daripada broker sahaja dan bukanlah pinjaman seperti kita buat personal loan dan seumpama dengannya. Sekiranya kita buka position dengan volume $1 dan market bergerak sejauh 100pips, maka keuntungan tetap $100 walaupun kita menggunakan leverage yang berbeza-beza.


Berapakah Nilai Leverage yang Sesuai Digunakan?

Tidak kiralah akaun besar atau kecil, sudah tentulah leverage yang paling selamat digunakan ialah leverage yang kecil kerana ia boleh mengelakkan kita daripada over trade. Tetapi sekiranya akaun kecil dan kita ingin membuka banyak position, maka leverage yang besar akan membantu kita dalam trading. Bagi akaun yang besar pula, leverage yang kecil sudah cukup untuk membantu kita dalam trading.

Tolong SHARE ilmu ini supaya lebih ramai faham tentang perkara ini.


Rujukan:

1. http://e-muamalat.islam.gov.my/sites/default/files/kertas_persidangan/2010/04/LEVERAGE_DALAM_PERNIAGAAN_MATAWANG_ASINGFOREX_SATU_ANALISA_DARI_PERSPEKTIF_SYARIAH.050609.pdf, dilayari pada 20/04/2017.

2. http://ifikr.isra.my/compendium, dilayari pada 20/04/2017



Post a Comment

9 Comments

  1. 𝗩𝗣𝗦

    Perusahaan Fort Financial Services menyediakan penggunaan virtual private server (VPS, Virtual Private Server) pada pelanggannya yang menggunakan sistem perdagangan mekanis (Advisors) untuk berdagang.

    Layanan ini memungkinkan robot perdagangan bekerja lebih efisien karena koneksi internet broadband berkualitas tinggi, dan memungkinkan pedagang membuat penyesuaian tepat waktu pada kerja advisornya sesuai dengan kondisi pasar yang volatil.

    Layanan ini memberi pelanggan kami sejumlah keuntungan:

    Pengoperasian advisor yang tidak terganggu
    Pengoperasian advisor yang stabil
    Perdagangan 24 Jam dengan advisor
    Akses cepat ke akun perdagangan
    Kesempatan berdagang simultan dengan dua terminal
    Aktifkan VPS Anda sekarang dengan memilih tab Personal Account di server khusus virtual. Harap diperhatikan bahwa kami menyediakan VPS gratis

    ReplyDelete
  2. Hai teman-teman !!! Senang sekali mendapat milik saya dari Mike Fisher. Kartu ATM kosong saya dapat menarik $ 2.000 setiap hari. Saya mendapatkannya dari-Nya minggu lalu dan sekarang saya punya $ 14.000 gratis. ATM kosong menarik uang dari mesin ATM mana pun dan tidak ada nama di atasnya, tidak dapat dilacak dan sekarang saya punya uang untuk bisnis dan cukup uang untuk saya dan keluarga saya untuk hidup. Saya sangat senang saya bertemu Mike Fisher karena saya bertemu dua orang sebelum dia dan mereka mengambil uangku tanpa mengetahui bahwa mereka adalah penipuan. Tapi aku senang sekarang. Mike Fisher mengirim kartu melalui DHL dan saya mendapatkannya dalam dua hari. Dapatkan kartu Anda darinya sekarang dia tidak seperti penipu lainnya yang berpura-pura memiliki kartu ATM, Dia memberikannya secara gratis untuk membantu orang-orang walaupun itu ilegal tetapi sangat membantu dan tidak ada yang pernah tertangkap. Saya berterima kasih kepada Mike Fisher karena dia mengubah kisah saya tiba-tiba. Kartu berfungsi di semua negara kecuali, Mali dan Nigeria. Alamat email Mike Fisher adalah blankatm002@gmail.com

    ReplyDelete
  3. Salam kepada semua warga negara Malaysia, Indonesia dan seluruh ASIA, nama saya Ny. Kartin Kiba, tolong, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini untuk semua warga negara Indonesia, Malaysia, dan semua warga Asia, terutama warga negara Indonesia untuk Berhati-hatilah dengan pemberi pinjaman di internet, Allah telah benar-benar mendukung saya melalui ibu yang baik, Ibu Helen Wilson

     Setelah beberapa periode mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya ditipu dan saya kehilangan lebih dari 7,5 juta Rupiah dengan pemberi pinjaman yang berbeda setelah membayar beberapa biaya dan tidak mendapatkan pinjaman.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya yang kemudian memperkenalkan saya kepada Ny. Helen Wilson, pemberi pinjaman di perusahaan, jadi teman saya meminta saya untuk melamar dari ibu Helen, jadi saya mengumpulkan keberanian dan hubungi Ibu Helen.

    Saya mengajukan pinjaman sebesar 450 juta Rupiah dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui tanpa tekanan dan semua pengaturan dibuat pada transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pinjaman transfer saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi aplikasi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah 450 juta. Saya sangat senang bahwa Allah akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang memberi saya keinginan hati saya.

    Mereka juga memiliki tim ahli yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan cara menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda.

    Semoga ALLAH memberkati Ny. Helen Wilson untuk membuat hidup saya mudah, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ny. Helen melalui email: (helenwilson719@gmail.com) untuk pinjaman Anda

    Ada perusahaan palsu lain yang menggunakan kesaksian saya secara online untuk mencapai hasrat egois mereka, saya satu-satunya dengan kesaksian yang benar ini, mohon berhati-hati terhadap orang-orang ini.

    Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian sejati hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa Allah akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda.
    Sekali lagi nama saya Kartin Kiba, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: kartinkiba72@gmail.com

    ReplyDelete
  4. Nama saya Azmi, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman, mereka banyak penipu dan peminjam pinjaman palsu di internet. Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana ALLAH membantu saya dengan Bunda Alicia Radu setelah saya tertipu oleh 6 pinjaman pemberi pinjaman. Saya hampir kehilangan harapan sampai ALLAH menggunakan ROBBI dari saya untuk mendapatkan pinjaman saya sebesar RM 10.000 dari ibu Alicia Radu dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan dan hanya dengan suku bunga 2%.

    Saya sangat terkejut ketika memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya kirim dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Jadi saya berjanji akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi email ibu Alicia Radu: (aliciaradu260@gmail.com) dan dengan rahmat ALLAH Dia tidak akan mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman.

    dan Anda masih dapat menghubungi ROBBI yang memperkenalkan saya kepada ibu Alicia Radu melalui email: (robbi5868@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: (azmi88455@gmail.com) jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman dari Ibu Alicia Radu,
    semoga ALLAH terus memberkati ibu Alicia Radu And is Family

    ReplyDelete
  5. Nama Perusahaan ::::: ONE BILLION RISING FUND
    Gmail ::: onebillionrisingfund@gmail.com

    Salam dari Perancis

    Saya ingin menciptakan kesadaran bagi orang-orang saya di Indonesia tentang Perusahaan Pinjaman bahwa saya mendapat pinjaman dari untuk mengurus tagihan medis orang tua saya dan saya dapat membuka bisnis keluarga untuk mereka

    ONE BILLION RISING FUND adalah perusahaan pinjaman yang datang untuk membantu saya selama krisis keuangan saya dan saya bisa mendapatkan pinjaman Euro15,000.00

    Jadi saya pergi untuk memberi tahu sesama orang Indonesia bahwa jika mereka membutuhkan pinjaman asli dari perusahaan tepercaya, mereka harus menghubungi ONE BILLION RISING FUND karena mereka telah menyelesaikan keraguan saya dan sekarang saya tahu bahwa tidak semua pemberi pinjaman online baik tetapi perusahaan buruk. tidak akan membiarkan kita melihat pemberi pinjaman yang baik
    Saya telah mendengar dan bertemu banyak pemberi pinjaman palsu ketika saya berada di Indonesia dan mereka semua membuat hidup saya di Indonesia tidak layak karena rahmat Tuhan saya memiliki kesempatan untuk melakukan perjalanan ke Prancis dan sudah 5 tahun sejak saya di sini di Perancis di mana saya bertemu dengan satu-ke-satu agen ONE BILLION RISING FUNDdan dia memperkenalkan memberi saya perusahaan gmail bahwa saya harus menghubungi perusahaan dan dia juga membantu saya mendapatkan pinjaman

    Maksud saya adalah bahwa masih ada pemberi pinjaman online nyata tetapi jika Anda masih tidak yakin bagaimana cara mendapatkan pinjaman, saya akan mendorong Anda untuk menghubungi perusahaan ini dengan Gmail di atas dan saya memastikan bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman dengan lancar dan mudah.

    Bersenang-senang selalu dengan ONE BILLION RISING FUND online

    Gmail saya
    Andy Muhammad Dwi
    andymuhammad.dwi@gmail.com

    Tambahkan ne di Google Hangout

    Tetap Perpesona

    ReplyDelete
  6. kesaksian nyata dan kabar baik !!!

    Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

    Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

    Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

    untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.comdan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    ReplyDelete
  7. Hari yang baik untuk orang-orang baik dari Indonesia. Saya ingin berbagi kesaksian saya tentang bagaimana pemberi pinjaman yang baik Anthony Yuliana Lenders membantu saya dan mengubah kehidupan seluruh keluarga saya dengan pinjaman besar, nama saya Aida Ninin dari Indonesia, saya sudah menjadi korban dari pemberi pinjaman palsu yang menjanjikan saya pinjaman tetapi saya kecewa, saya telah kehilangan Rp 20.000.000 juta ketika saya melamar Rp 800.000.000.000 saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi. Bisnis saya hancur, dan dalam proses itu saya kehilangan putra saya. Saya tidak tahan lagi dengan kejadian ini, saya bertemu seorang teman yang bernama Jerry Andi dia memperkenalkan saya kepada pemberi pinjaman yang baik, Anthony Yuliana Pemberi Pinjaman yang akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman di perusahaan dan saya mendapatkan jumlah persis yang saya lamar, saya dapat jumlah pinjaman sebesar Rp 800.000.000 juta dari Pemberi Pinjaman Anthony Yuliana setelah saya membayar asuransi pinjaman dan biaya transfer saya dan saya sangat senang, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk bersyukur kepada Allah, semoga Allah terus memberkati Anthony Yuliana Pemberi Pinjaman saya juga akan ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberi nasihat kepada sesama orang Indonesia, bahwa jika Anda memerlukan pinjaman asli dan ingin mendapatkan pinjaman cepat dengan tingkat bunga 1%, cukup daftarkan ibu yuliana melalui email: (anthony.yulianalenders@gmail.com) whatsapp saja +1 (323) 4026088 PIN BBM (E37F9BCC) Anda juga dapat menghubungi saya melalui email, (aidaninin12@gmail.com)

    ReplyDelete
  8. e_mail:[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
    WhatsApp Number::::::::::[+60]1123759663

    email:::::::hafizulbin365@gmail.com
    Name::::Hafizul Bin Haziq
    Country:::Malaysia
    [[[[di atas adalah data peribadi saya]]]]]
    Kemarau kewangan saya berakhir pada bulan ini apabila saya fikir semuanya adalah urusan perniagaan dengan beberapa rakan saya di Kuala Lumpur beberapa bulan yang lalu perniagaan yang bernilai beberapa Rm785.000.00 yang keuntungannya sudah cukup untuk kita semua untuk berkongsi keuntungan tetapi akibat kegagalan perniagaan, kita semua mendapati bahawa kita mempunyai masalah kewangan yang sangat besar kerana saya tidak mempunyai wang untuk bergantung pada ketika perniagaan gagal kerana saya melabur semua saya dengan saya pada perniagaan jadi saya berada di sangat sangat maaf jadi saya terpaksa mencari bantuan kewangan saya sebenarnya telah ditolak oleh beberapa bank sebagai hasil dari kadar pinjaman mereka dan juga syarat mereka jadi saya terpaksa melalui beberapa blog sehingga saya datang menghadapi dengan Iklan Syarikat Ibu. saya menghubungi Ibu dengan segera selepas melalui beberapa proses yang sangat fleksibel permintaan pinjaman saya sebanyak Rm440.000.00 telah diluluskan oleh pihak pengurusan dan pada keesokannya Lembaga Pengurusan Peminjaman Pinjaman dikreditkan saya tanpa menangguhkan berkat ini dari ibu yang dapat menyelamatkan anda hari ini dari apa-apa embarrazement kewangan anda menjadi ibu hubungi Ibu sekarang untuk pinjaman anda yang berubah e_mail:[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
    ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY "ISKANDAR LENDERS"
    [[[[Berikut adalah data peribadi saya]]]]
    Country::::::Malaysia
    Name::::::::Hafizul Bin Haziq
    email::hafizulbin365@gmail.com
    Telephone Number:[+60]1123759663
    WhatsApp Number::::::::[+60]1123759663
    e_mail:[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]

    ReplyDelete
  9. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    ReplyDelete